Misteri dibalik keindahan pulau Socotra

Misteri Dibalik Keindahan Pulau Socotra, Dijuluki Sebagai Pulau Alien

Di perbatasan negara Yaman dan Somalia, tepatnya di Laut Arab, Samudera Hindia ada sebuah pulau kecil yang bernama Socotra. Pulau ini ternyata menyimpan berbagai keanehan yang ada di dalamnya. Maka dari itu banyak yang menyebutnya sebagai pulau alien atau pulau neraka. Dan sudah banyak sekali yang membahas tentang misteri dibalik keindahan pulau Socotra ini.

Untuk itu juga kami akan membahas tentang misteri dibalik keindahan Pulau Socotra yang sampai saat ini masih jarang sekali diketahui. Mungkin saja suatu saat nanti anda tertarik untuk mengunjungi pulau misterius ini. Yuk, langsung simak informasinya di bawah ini.

Misteri Dibalik Keindahan Pulau Socotra

 

Jika dilihat dengan mata sekilas, pulau ini sebenarnya termasuk sebagai pulau terpencil yang dikepung lautan. Berada di 380 km di Selatan semenanjung Arab dan 240 km sebelah Timur ujung tanduk Afrika. Melihat dari sisi lokasinya, memang sudah tidak asing jika pulau ini terisolir dari manusia. Padahal, Pulau Socotra mempunyai keindahan alam hingga kekayaan flora dan fauna yang tidak bisa ditemui di wilayah manapun. Maka itu disebut juga dengan pulau Alien karena segala sesuatu yang ada di pulau ini benar-benar tidak bisa ditemukan dibelahan Bumi manapun.

Misteri dibalik keindahan pulau Socotra (1)

Pulau ini sebenarnya sama saja dengan pulau-pulau lainnya jika dilihat dari kejauhan. Mempunyai pasir putih yang menawan, tumbuhan yang lebat dan juga bukit-bukit tinggi yang menjulang. Tetapi jika anda mulai menginjakkan kaki di pulau ini, anda akan langsung merasakan fenomena-fenomena yang tidak pernah anda rasakan jika berada di pulau-pulau lainnya.

Iklim di pulau ini masih termasuk teritori Yaman yang mempunyai iklim cukup panas dan juga kering. Tapi yang sangat anehnya adalah tumbuhan dengan bentuk-bentuk aneh bisa tumbuh sangat subur di tempat ini. Dikelilingi oleh hamparan pasir putih yang membentang sepanjang hampir 7 km. Selain itu banyak juga diisi oleh bebatuan, gurun dan juga hutan.

Keindahan Flora Endemik di Pulau Socotra – Misteri Dibalik Keindahan Pulau Socotra

Berada di tempat ini rasanya seperti berada di dalam sebuah pulau yang ada di dalam film-film fiksi. Dimana banyak ditumbuhi oleh tanaman-tanaman yang sangat jarang ada di belahan bumi manapun, belum lagi ada hewan yang juga jarang ditemui ditempat lain. Banyak hal yang membuat pulau ini tampak berbeda, para ilmuwan pun mengungkapkan bahwa pulau ini telah berevolusi karena terpisah dari daratan Afrika selama antara enam hingga tujuh tahun yang lalu.

Makanya pemandangan yang ditemui di pulau ini akan sangat berbeda dengan pulau-pulau yang ada di Bumi. Pulau ini juga dalam bahasa Sansekerta berarti adalah pulau kebahagiaan.

Misteri dibalik keindahan pulau Socotra (7)

Misteri dibalik keindahan Pulau Socotra selanjutnya adalah terletak di spesies floranya. Salah satunya yaitu pohon darah naga atau dracaena cinnabari. Pohon darah naga adalah pohon yang berbentuk payung yang bisa anda lihat dengan mudah ditempat ini. Asal mula disebut sebagai pohon darah naga adalah karena dahulu getah merah dari pohon ini dianggap sebagai darah naga purba.

Zaman dahulu, getah pohon ini digunakan sebagai obat dan bahan kosmetik. Tapi saat ini, getah merah itu dipakai untuk pewarna seperti cat dan pernis.

Misteri dibalik keindahan pulau Socotra (6)

Selain itu ada juga tumbuhan yang bernama dorstenia gigas yang berbentuk kurang lebih seperti kaki gajah. Tumbuhan ini hidup tidak memerlukan tanah dibawahnya, mereka bisa hidup dengan menancapkan akarnya langsung ke bebatuan. Dari 800 tumbuh-tumbuhan yang ada di tempat ini, 293 diantaranya merupakan flora endemik karena hanya bisa ditemukan di pulau Socotra.

Keindahan Fauna Endemik di Pulau Socotra –┬áMisteri Dibalik Keindahan Pulau Socotra

Misteri dibalik keindahan pulau Socotra (5)

Misteri dibalik keindahan pulau Socotra (4)

Selain keindahan floranya, ada juga hewan-hewan yang tidak bisa ditemukan di tempat lain. berbagai macam hewan ini mulai dari burung, kepiting, laba-laba dan hewan-hewan lainnya. Terdiri dari 90% jenis reptil, 192 burung, 44 diantaranya adalah burung yang bertelur di pulau ini.

Bahkan keunikan hewan tersebut bisa juga ditemukan di kehidupan bawah lautnya. Ada 730 jenis ikan, 253 jenis terumbu karang serta 300 jenis kepiting dan lobster yang tersebar di bawah lautnya.

Saat ini Pulau Socotra merupakan salah satu situs warisan dunia atau World Natural Heritage Site oleh UNESCO. Jika anda menyukai sesuatu yang baru maka cobalah untuk berkunjung ke tempat ini. Apalagi jika anda melakukannya sebagai seorang solo traveller. Pasti akan menambah pengalaman anda tentunya.

One thought on “Misteri Dibalik Keindahan Pulau Socotra, Dijuluki Sebagai Pulau Alien

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *